Cara membuat esai yang baik dan menarik untuk lomba

Apasih Esai itu?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), esai adalah sebuah karangan atau tulisan yang membahas masalah sepintas dari sudut pandang pribadi penulis. Pandangan pribadi dari penulis harus berdasarkan fakta dan realitas yang ada, bukan pandangan pribadi yang subjektif. Dalam esai, penulis memberikan gagasan pribadinya untuk mengatasi masalah yang diangkat.


Dalam lomba esai, esai yang baik dan menarik adalah sebagai berikut.
  1. Esai adalah gagasan inovasi
  2. Memiliki tema dan sub-tema
  3. Ada studi kasus (tempat yang jelas)
  4. Esai kompetisi ditandai dengan ide, judul yang menarik, dan pada umumnya 3-10 halaman.
Mengapa harus menulis esai?
  1. Lombanya banyak sekali (bisa dilihat di infolomba, informasi lomba, info sayembara, dll)
  2. Merupakan karya ilmiah dalam bidang Tri Dharma (Penelitian)
  3. Menunjang prestasi, membanggakan almameter, dan mendapatkan sertifikat
  4. Memberikan solusi bagi permasalahan yang ada.
Judul yang menarik
  1. Judul memiliki struktur
Nama program + Konsep + Basis + Tujuan + Studi kasus

Nama program : Nama dari program inovasi kita untuk menyelesaikan solusi atau kasus yang ada.

Konsep : Bagaimana pelaksanaan program atau inovasi kita.

Basis : Dasar dari program atau inovasi kita, dalam membuat basis kita dapat sekreatif mungkin membuat basis sendiri dan diusahakan menggunakan bahasa asing.

Studi kasus : Tempat masalah yang kita angkat atau tempat dimana kita melaksanakan program atau inovasi kita.

  1. Buat akronim yang unik dan menarik pada nama program atau nama inovasi
Contoh judul yang menarik :

1.     Go-Welfare Village (Gonvelvi) : Pendirian BUM-Des Berbasis Sociopreneurship Dengan Memanfaatkan Gulma Eceng Gondok di Kecamatan Ambarawa
2.     Sukoi (Survey Kontemporer Indonesia) : Metode Survey Berbasis Random Sampling Point on Point Sebagai Peningkatan Efektivitas dan Akurasi survey Pilkada (Studi pada Kota Semarang)
3.     Scomat (Scout-Math) : Model Pembelajaran Matematika Berbasis Materials Model Sebagai Upaya Sinergisitas Pramuka dan Matematika (Studi pada SD N 2 Sekaran)

Struktur Esai
struktur esai yang baik dan menarik untuk lomba esai

     1.  Latar Belakang
     Latar belakang berisi :
1.       Permasalahan
2.       Peran pemerintah yang sudah ada tapi tidak efektif
3.       Alasan masalah yang diangkat dalam esai perlu diatasi
4.       Penjelasan singkat ide atau gagasan

2. Konsep
Dalam konsep kita menjelaskan ide dan judul, bagaimana ide itu bisa mengatasai masalah, dan nilai kebaruan/inovasinya seperti apa.

3.  Langkah Implementasi
Penjelasan pihak-pihak yang terkait di dalam program yang kita punya dan langkah pelaksanaannya dari 0 - 100

4.  Simpulan
Dalam simpulan, kita membuat kesimpulan dari esai secara keseluruhan. Bagian simpulan ini setengah halaman saja sudah cukup.

Contoh esai yang baik dan menarik untuk lomba

Contoh esai yang sudah menjadi juara dalam lomba Esai Mahasiswa Nasional 2016.

‘WAYANG HIP HOP’ SEBAGAI MEDIA REKONTRUKSI KARAKTER MASYARAKAT MODERN INDONESIA
Oleh : Nuriyanti
RINGKASAN
Pada abad ke 21 ini, Indonesia sebagai Negara yang memiliki banyak warisan kebudayaan dan kearifan local dalam pembentukan karakter sedang bertahan ditenga-tengah modernisasi. modernitas merasuk ke setiap insan kebudayaan dalam kehidupan. Pada masyarakat urban, budaya-budaya lama dianggap usang dan mulai ditinggalkan. Budaya baru yang lebih instan dan dianggap maju mendapat posisi strategis di masyarakat. Salah satunya aspek budaya seni. Beberapa kesenian mulai ditinggalkan, padahal mempunyai nilai yang hakiki dalam keberadaannya. Esai ini menguak permasalahan eksistensi kesenian tradisional dan solusi untuk dapat bertahan. “Wayang Hip Hop” merupakan sebuah terobosan baru di ranah kesenian. Hibriditas kebudayaan dilakukan dalam menjaga eksistensi kesenian lama, menciptakan kesenian baru dan menjaga stabliltas nilai pada kebudayaan. Adanya “Wayang Hip Hop” membentuk wayang untuk tetap dapat bertahan dan beradaptasi modernisasi supaya lebih diterima dan melancarkan misinya dalam menyamaikan pesan-pesan moral .“Wayang Hip Hop” merupakan solusi dalam membentuk karakter kolektif masyarakat di dunia yang serba modern.“Wayang Hip Hop” mengakomodasi kedua nilai budaya dan membentuk sebuah pertunjukan baru yang lebih disenangi masyarakat. “Wayang Hip Hop” tetap menjadi tontonan yang menjadi tuntunan dan membentuk tatanan untuk masyarakat luas dan rekonstruksi karakter masyarakat Indonesia yang dilandasi nilai-nilai serta cara berpikir berlandaskan nilai-nilai terwujud dalam perilaku berdasarkan falsafah bangsa Indonesia.

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam dunia yang lebih majemuk dan modern seiring dengan gencarnya globalisasi yang mengubah pola pikir masyarakat Indonesia menuju peradaban yang lebih modern maka kebudayaan tradsional kini mulai ditinggalkan. Munculnya kesenian-kesenian baru seiring dengan kemajuan zaman dan permintaan masyarakat yang majemuk akibat pengaruh gobalisasi yang merasuk kedalam segala wujud budaya mempengaruhi karakter masyarakat. Saat ini, hiburan bukan lagi tuntunan tapi sebatas tontonan. Padahal, Pagelaran wayag mempunyai esensi yang kuat terhadap masyarakat karena keberadaannya tidak hanya menjadi tontonan semata, tetapi juga menjadi tuntunan masyarakat berupa penyampaian pesan moral dalam membentuk tatanan kehidupan. Wayang memiliki kekuatan cerita yang religious, sehingga wayang mempunyai pengaruh yang besar pada masyarakat luas. Disadari ataupun tidak wayang membentuk karakter masyarakat yang menontonnya. Selain itu secara implisit wayang mempunyai nilai hegemonic yang kuat dalam pola pikir baik secara individu maupun kelompok. Wayang mengandung nilai-nilai spiritual agama dan falsafah hidup yang baik guna membentuk karakter individu maupun secara kolektif masyarakat Indonesia. Maka dari itu untuk menjaga tuntunan dan rekonstruksi karakter inovasi pada warisan leluhur sangat urgent untuk diimplementasikan. kesenian –kesenian tradisional harus mampu bertahan dengan cara melakukan adaptasi melalui hibriditas kebudayaan untuk menjaga eksistensinya. Menilik masyarakat urban yang mempunyai ketertarikan yang terhadap Hip Hop maka hal ini merupakan hal yang tepat utuk menjadikan wayang sebaga acuan dalam dunia modern. Hal ini dimaksudkan sebagai pembentukan karakter pada anak-anak bangsa dengan cara lebih modern dengan menggunakan media wayang yang adiluhung warisan bangsa.

Hibriditas Wayang dan Musik Hip Hop
Pada masa kini terdapat jenis kesenian yang tertuang pada music yang diacu tidak hanya oleh penikmat music di Indonesia. Konstelasi tersebut dibuktikan dengan berlomba-lombanya para composer dalam menciptakan lagu yang bergenre Hip Hop. Diadopsi sedenikian rupa dan dipadukan dengan unsur local yang ada, biasanya bahasa dan budaya setempat, beat, lirik lagu dan maknanya. Wayang Hip Hop” merupakan perpaduan antara kedua bentuk kesenian barat stimulan munculnya “Wayang Hip Hop” (Hip Hop) dan timur (Wayang). Pada dasarnya jenis percampuran ini merupakan hal yang baru, baik pada dunia pewayangan, juga dunia musik. “Wayang Hip Hop” merupakan wujud percampuran budaya lokal dan global yang menjadi satu keutuhan dalam pertunjukan Sesuai dengan namanya, pertunjukan “Wayang Hip Hop” juga mempertunjukkan pergelaran wayang. Biasanya gelaran pewayangan yang diambil adalah adegan “gara-gara” dalam pementasan wayang kulit. Sosok yang ditampilkan adalah tokoh Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong. Dalam penyampaiannya kepada masyarakat „Wayang Hip Hop menggunakan beberapa bahasa, biasanya bahasa Indonesia dan sesekali bahasa Inggris juga digunakan. Cerita dibawakan dengan balutan komedi. Cerita dalam „Wayang Hip-Hop disesuaikan dengan isu-isu hangat dalam ranah politik, social dan budaya dan disesuaikan dengan isu terkait masalah-masalah yang menjadi perbincangan pada khalayak umum. Perpaduan pada „Wayang Hip Hop‟ merupakan sebua solusi dalam memanfaatkan setiap unsur untuk berintegrasi dan saling berkorelasi. HB Raditya menyatakan bahwa: „Global dan local bercampur menjadi satu kesatuan membentuk nilai baru yang tidak meninggalkan kedua nilai percampuran, tetapi memperkaya. Hibriditas atas semua unsur musical membuat kekuatan pertunjukan semakin kuat.
Perbedaan ras antara satu dengan yang lain menjadi kunci lahirnya hibriditas. Hasil perpaduan menjadi variatif dan menawarkan pembaruan. Pembaruan yang terjadi memperkaya budaya tanpa menanggalkan kesenian wayang yang adiluhung dalam menyampaikan pesan-pesan moral.

Wayang Hip Hop Dan Rekonstruksi Pembentukan Karakter Masyarakat Urban
Masyarakat urban kini mengacu pada moderitas karena dianggap jantung dari sebuah peradaban maju. Kebudayaan tradisional dianggap ketinggalan zaman dan mulai dilupakan. Seiring dengan kemajuan zaman yang begitu pesat tontonan semakin tidak terkontrol dan sedikit yang mengandung pesan moril. Hanya profane yang dianggap lebih menyenangkan untuk ditonton. Hip Hop semakin berintegrasi dengan masyarakat secara implisit integritas tersebut membentuk sebuah jalur dan arah yang diacu oleh khalayak umum. Kebasaan yang terbentuk berdasarkan kuantitas dan frekuensi tinggi menjadikan potensi peneriman semakin besar. Proses resesi oleh para pendengar tidak akan sulit dibandingkan dengan kesenian yang belum didengar. Pada hal ini music Hip Hop yang sedang melonjak tingkat kegemarannya disisipkan pada pagelaran wayang akan mempermudah menyampaikan misi dalam rekonstruksi karakter masyarakat modern saat ini. 4 Dengan demian tidak ada kata bosan, ketinggalan zaman, atau kampungan pada nilai budaya lama. Budaya bias bernegosasi dalam menjaga kelestariannya. Dan data membentuk karakter masyarakat ditengah kemajemukan modernitas yang semakin massif.

Simpulan
Wayang Hip hop merupakan media pembentukan karakter masyarakat modern melalui kesenian tradisional dengan gaya baru. Kemunculan kesenian „Wayang Hip Hop turut menentukan pembentukan karakter bangsa di tengah kemajemukan modernitas yang semakin massif pada abad ke 21 ini. Dengan tetap menjunjung nilai kedua kebudayaan yang dilebur menciptakan sebuah kebudayaan baru yang lebih efektif dalam pertunjukannya, sehingga karkter masyarakat modern Indonesia tetap terakomodasi pada nilai tuntunan dan tatanan dari hakikinya kesenian wayang.

2 Responses to "Cara membuat esai yang baik dan menarik untuk lomba"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas informasinya, mari mampir di situs website kami https://budiluhur.ac.id

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel