Pentingnya Membuat Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa


Sebagai seorang mahasiswa, Anda sudah dianggap sebagai intelektual muda, dan salah satu ciri seorang intelektual adalah kemampuannya untuk berpikir ilmiah dan mampu menuangkan gagasan, pikiran, temuan penelitian dan lain-lain ke dalam bentuk tulisan ilmiah. Kemampuan menulis secara ilmiah memang tidak bisa dimiliki dalam waktu sekejap, tetapi perlu usaha keras untuk mencoba berlatih dan berlatih. Tanpa ada upaya untuk melatih diri, maka kemampuan itu tidak akan pernah dimiliki.

Sebagai mahasiswa salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana yaitu harus menulis karya tulis ilmiah berupa skripsi. Namun kewajiban itu sering dianggap sebagai tugas beratoleh mahasiswa karena kurangnya kemampuandan kebiasaan dalam menyusun karya ilmiah. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan untukmengetahui pentingnya budaya menulis sejak dini.

Manfaat Menulis Karya Ilmiah bagi mahasiswa

1. Sebagai portofolio
Seorang mahasiswa adalah tergolong dalam ilmuwan dan akademisi. Ilmuwan dan akademisi secara umum akan dinilai dari karya-karya tulis yang telah dihasilkannya. Apabila sejak masih mahasiswa sudah menghasilkan karya-karya tulis yang dipublikasikan maka hal ini akan menjadi portofolio di bidang kepenulisan bagi mahasiswa tersebut. Portofolio tersebut sangat penting bagi karir mahasiswa tersebut untuk melangkah dan mengembangkan diri di bidang akademik dan keilmuan. Mahasiswa tersebut akan dinilai layak karena telah menghasilkan karya-karya tulis yang telah dipublikasikan.

2. Melatih penyampaian ide dan gagasan
Seorang mahasiswa dituntut untuk bisa menyampaikan ide, gagasan, dan pemikiran tertulis secara sistematis. Tugas-tugas perkuliahan dan tugas praktikum banyak melatih hal ini. Sebut saja tugas membuat makalah, tugas laporan praktikum, dan tugas-tugas terstruktur lainnya yang semua ini memiliki struktur tulisan tertentu sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Selain itu mahasiswa juga difasilitasi dengan diadakannya kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa. Dengan mengikuti kompetisi ini maka mahasiswa akan benar-benar berlatih dalam penyampaian ide, gagasan, pemikiran, dan proses penelitian.

3. Melatih berfikir terstruktur dan sistematis
Mahasiswa akan mendapatkan manfaat menulis ilmiah dalam hal malatih dan membiasakan diri dalam berfikir secara terstruktur, berfikir dengan metode tertentu, dan berfikir secara sistematis. Kesemuanya ini dilatih dan dibiasakan sejak mahasiswa masih semester awal masuk kuliah dan seterusnya hingga lulus perkuliahan melalui tugas-tugas terstruktur, tugas membuat makalah dengan topik tertentu, tugas laporan praktikum, tugas laporan Praktek Kerja Lapang, skripsi, thesis, disertasi, dan lain sebagainya.

4. Sebagai branding diri
Seorang mahasiswa hendaknya mulai melakukan branding terhadap dirinya jauh sebelum lulus dari perguruan tinggi. Hal ini sehingga saat mahasiswa tersebut lulus dari kampus maka dia sudah siap untuk berkiprah di dunia nyata. Salah satu cara untuk melakukan branding diri adalah dengan menulis. Apabila tulisan-tulisan seorang mahasiswa sudah dikenal luas dan banyak bertebaran di media masa, di jurnal ilmiah, atau bahkan sudah berupa buku maka akan semakin optimal branding dirinya.b

Di dalam jurusan matematika terdapat underbow keilmiahan yang bernama Kelompok Ilmiah Matematika. KIM atau Kelompok Ilmiah Matematika menjadi wadah bagi mahasiswa jurusan matematika FMIPA UNNES untuk meningkatkan kemampuan dan membiasakan diri dalam menulis karya ilmiah dan diharapkan mahasiswa yang sadar akan pentingnya menulis karya ilmiah dapat terfasilitasi dengan baik.

0 Response to "Pentingnya Membuat Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel