Contoh Karya Ilmiah tentang Toleransi








Salam ilmiah!


Salam Cerdas! Hati Ikhlas! Kerja Keras!


Indonesia merupakan negara dengan kondisi kemajemukan yang sangat-sangat besar. Indonesia memiliki ratusan ribu tradisi dan adat istiadat serta kesenian daerah yang beragam, mulai dari kota hingga pedesaan. Jumlah pemeluk agama di Indonesia pun sangat beragam, mulai dari Hindu-Budha-Katolik-Protestan dan Islam. Ini juga belum termasuk mengenai aliran-aliran kepercayaan yang banyak di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sikap saling menghargai antar sesama.
Nah, Kelompok Ilmiah Matematika akan membagikan contoh karya ilmiah tentang upaya penanaman sikap toleransi kepada generasi muda.

RINGKASAN


Toleransi secara bahasa berasal dari bahasa latin yaitu tolerare, toleransi berarti sabar dan menahan diri. Sedangkan dalam KBBI teorerasi adalah sikap atau sifat toleran; batas ukur untuk penambahan atau yang masih diperbolehkan; penyimpanan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja. Toleransi ini merupakan syarat mutlak untuk mengamalkan Pancasila dengan sebaik-baiknya dan menjamin hubungan baik diantara sesama warga Negara Indonesia. Dengan adanya toleransi akan terciptakan suatu kerukunan, apabila toleransi tersebut benar-benar dilakukan dengan baik. Jadi toleransi tidak berarti mencampur adukkan ajaran agama bahkan kemurnian ajaran agama harus tetap dijaga. Namun saat ini, pengimplementasian nilai-nilai toleransi dalam kehidupan bermsayarakat sangat memprihatinkan. Masyarakat mudah sekali terkena isu-isu intoleransi yang bisa menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa. Isu agama dan isu ekonomi sangat cepat mendapat respon oleh masyarakat sehingga masyarakat langsung menerima informasi yang ada tanpa menyaring informasi yang mereka terima terlebih dahulu. Salah satu upaya peningkatan nilai-nilai toleransi pada masyarakat dan generasi muda adalah dengan melalui pendidikan. Pendidikan terbagi atas pendidikan formal (sekolah), pendidikan informal (keluarga) dan pendidikan non formal (masyarakat). Upaya meningkatkan nilai-nilai toleransi melalui pendidikan formal (sekolah) sudah diterapkan oleh pemerintah, namun hasil yang dicapai kurang sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu, upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan melalui pendidikan informal (keluarga). Mengadaptasi dari pendidikan informal (keluarga), penulis mengajukan gagasan untuk mengupayakan penanaman nilai-nilai toleransi dalam lingkup lingkungan rumah yaitu melalui program “Rumansi (Rumah Toleransi) : Solusi Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Masyarakat dan Generasi Muda.”
Kata Kuci: Toleransi, Kepribadian, Rumansi

Nah, untuk mendapatkan full papernya, teman-teman bisa melakukan permohonan izin terlebih dahulu melalui link berikut.



Terima kasih telah membuka blog ini, semoga kimfmipa.blogspot.com bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

0 Response to "Contoh Karya Ilmiah tentang Toleransi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel