CONTOH ABSTRAK TENTANG PENDIDIKAN


Salam cerdas, hati ikhlas, kerja keras!
Abstrak merupakan ringkasan atau rangkuman dari sebuah karya tulis yang kita buat. Abstrak sangat penting dalam sebuah karya tulis. Abstrak dapat menjadi acuan apakah suatu karya tulis dikatakan baik atau tidak.
Nah, untuk teman-teman yang mengalami kesulitan dalam membuat abstrak Kelompok Ilmiah Matematika FMIPA UNNES menyediakan contoh abstrak yang bisa dijadikan acuan teman-teman untuk membuat abstrak.
Berikut adalah abstrak tentang pendidikan yang bisa teman-teman jadikan contoh dalam membuat abstrak.

Strategi Pembelajaran Interaktif Guna Meningkatkan Kualitas Siswa 
SMA Kelas X Melalui Metode PoCemOn (Point Come On)

Revolusi industri merupakan perubahan yang membutuhkan sumber daya manusia 
yang berkualitas. Hal tersebut dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Pada saat ini, banyak sekali masalah pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah siswa hanya mengejar nilai tanpa memahami materi pembelajaran. Hal ini menyebabkan tingkat kecerdasan siswa di Indonesia menurun. Strategi pembelajaran yang monoton dan suasana belajar yang jenuh akan membuat siswa lebih malas untuk belajar dan sulit menyerap ilmu yang disampaikan oleh pengajar. Berdasarkan masalah tersebut, didapatkan strategi pembelajaran baru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa melalui sistem pembelajaran Point Come On atau dapat disebut PoCemOn. 
Sistem ini merupakan kegiatan pengumpulan poin oleh setiap siswa yang didapat dari setiap pertemuan belajar dimana poin tersebut akan dikalkulasikan pada akhir semester. Tiga poin tertinggi akan mendapatkan reward dari pengajar. Sasaran awal penelitian ini ditujukan kepada siswa SMA kelas X. Pengaplikasian dari strategi Point Come On dapat menggunakan permainan, salah satunya adalah QueRoll (Question Roll). Permainan ini dapat dilakukan siswa dalam kelompok dengan saling membuat soal dan diberikan kepada teman sekelompok untuk dijawab dan dilakukan secara berurutan. Permainan ini dapat pula dilakukan antarkelompok dalam satu kelas. Selain QueRoll, ada juga permainan PanCer (Papan Cerdas).
Permainan ini seperti cerdas cermat pada umumnya. PanCer menggunakan media papan tulis kecil atau dapat juga menggunakan papan jalan yang ditempel kertas HVS. PanCer dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dimana jawaban dari setiap kelompok tidak boleh ada yang sama. Oleh karena itu guru harus memberikan pertanyaan yang memiliki minimal 5 jawaban agar mengurangi kemungkinan jawaban yang sama. Pengajar dapat melakukan kreativitas permainan selain kedua permainan tersebut. Strategi pembelajaran Point Come On mampu meningkatkan pemahaman materi dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kata kunci : permainan, Point Come On, strategi pembelajaran.

1 Response to "CONTOH ABSTRAK TENTANG PENDIDIKAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel